Program LAZISMU Gresik

Posted by | Posted on 22.36

Program pemberdayaan dana ZIS dilaksanakan berdasarkan analisa kebutuhan  sasaran, serta bersifat produktif dan berorientasi pada upaya pembentukan masyarakat mandiri. Ada empat kebijakan program yang menjadi sasaran utama, yaitu:
1.     Pemberdayaan Pendidikan,
2.     Pemberdayaan Ekonomi,
3.     Dakwah Sosial,
4.     Dakwah Kemasyarakatan.
 
Uraian Program

Program Pemberdayaan Pendidikan
Program Pemberdayaan Pendidikan diwujudkan dalam bentuk Beasiswa Pendidikan berupa santunan subsidi SPP dan bantuan alat pendidikan bagi siswa/siswi keluarga tidak mampu, baik yang bersekolah di sekolah Islam maupun umum (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK). 
Selain itu juga dilaksanakan pembinaan dan pencerahan dalam bentuk pelatihan motivasi dan outbond agar para penerima beasiswa LAZISMU dapat menjadi siswa/siswi muslim yang mandiri, beriman, bertaqwa dan berketeladanan.
 
Program Pemberdayaan Ekonomi
Program Pemberdayaan Ekonomi yang menjadi bidang garap LAZISMU Gresik diwujudkan dalam bentuk :
·         Bina Mandiri Wirausaha (BMW)
Pemberian pinjaman lunak untuk modal usaha bagi fakir miskin yang ingin membuka usaha, termasuk pembinaan dan pendampingan agar dalam melaksanakan usaha dapat mengembangkan potensi dan peluang usaha yang ada sehingga bisa berkembang secara kokoh dan mandiri.
·         Youth Enterpreneurship (YES)
Program pemberdayaan bertujuan untuk pembibitan wirausaha muda kelas pedagang (barang/jasa) guna membantu mengatasi masalah pengangguran. Program yang dikembangkan meliputi: pelatihan, pengguliran pinjaman lunak dan pendampingan serta monitoring dan evaluasi.

PROGRAM DAKWAH SOSIAL
Program Dakwah Sosial terdiri dari:
·         Muhammadiyah Tanggap Bencana (MUGANA)
Aksi kepedulian sosial terhadap bencana alam, berupa penyaluran bantuan sembako, obat-obatan dan alat-alat kesehatan, serta pengiriman tim sukarelawan ke daerah bencana. Program ini bersinergi dengan Majelis KKM PDM Kabupaten Gresik.
·         Santunan Kesehatan Masyarakat (SANKESMAS)
Santunan biaya pengobatan bagi warga tidak mampu berupa subsidi biaya perawatan pengobatan di rumah sakit.
·         Santunan Kematian / Dukacita
Santunan untuk perawatan jenazah bagi warga yang tidak mampu.
 
PROGRAM DAKWAH KEMASYARAKATAN
Program Dakwah Kemasyarakatan terdiri dari:
·         Fi Sabilillah
Penyaluran bantuan bagi unit-unit dakwah seperti: MKKM, IPM, NA, Aisyiyah, dll. Untuk pengembangan kegiatan dakwah islam. Selain itu bantuan juga disalurkan kepada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan bantuan bagi pegiat dakwah dan muballigh (sabilillah) untuk operasional penunjang kegiatan dakwah.
·         Media Dakwah
Menerbitkan buletin bulanan “LAZISMU” sebagai media komunikasi dan informasai bagi donatur pada khususnya dan dakwah ke masyarakat pada umumnya.
·         Layanan Pelatihan Motivasi dan Spiritual
Menyediakan layanan paket pelatihan untuk pengembangan motivasi dan spiritualitas keislaman bagi pegawai, karyawan instansi dan perusahaan serta kelompok / komunitas masyarakat.

Comments (0)

Posting Komentar